Ni’matul Hidayah, NIM.: 23204021011 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF INTEGRATIF-INTERKONEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB MAHASISWA ILMU KESEHATAN DI UNIVERSITAS MADANI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF INTEGRATIF-INTERKONEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB MAHASISWA ILMU KESEHATAN DI UNIVERSITAS MADANI YOGYAKARTA)
23204021011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF INTEGRATIF-INTERKONEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB MAHASISWA ILMU KESEHATAN DI UNIVERSITAS MADANI YOGYAKARTA)
23204021011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (24MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya ketersediaan bahan ajar bahasa Arab yang relevan dengan konteks keilmuan mahasiswa di bidang kesehatan menjadi salah satu kendala dalam proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan aajr bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif integratif-interkonektif bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Madani Yogyakarta. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar cetak yang menyajikan materi kontekstual bidang kesehatan, dilengkapi dengan aktivitas komunikatif serta terintegrasi dengan empat keterampilan berbahasa, serta isi materi terkoneksi dengan dunia kesehatan dan budaya Islam. Bahan ajar ini juga memanfaatkan teknologi berupa kode QR untuk mengakses audio pembelajaran dan games interaktif. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh penilaian “Sangat layak” dari ahli materi bahasa Arab dengan persentase (91,1%), ahli kesehatan (88,89%), dan ahli desain (95%). Sementara itu, ahli metodologi pembelajaran menyatakan bahan ajar layak diimplementasikan dengan persentase 90,90%. Uji efektifitas melalui analisis statistic menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar mahasiswa, dengan nilai signifikansi 0,000 pada uji paired t-test dan skor N-Gain sebesar 0,6903 dalam kategori “cukup”. Selain itu, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap bahan ajar berada pada kategori “baik” dengan skor rata-rata 4,09. Dengan demikian, bahan ajar ini dinilai layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di lingkungan kesehatan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. H. Maksudin, M. Ag |
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Pendekatan Komunikatif, Pendekatan Integratif -Interkonektif |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 11:34 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 11:34 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72133 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
