Fitria Salwa Labibah, NIM.: 23204021020 (2025) PENGEMBANGAN METODE MNEMONIC BERBASIS TRAFFIC-LIGHT DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU MATERI FI’IL BAGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN METODE MNEMONIC BERBASIS TRAFFIC-LIGHT DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU MATERI FI’IL BAGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 BOJA)
23204021020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN METODE MNEMONIC BERBASIS TRAFFIC-LIGHT DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU MATERI FI’IL BAGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 BOJA)
23204021020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi atas rendahnya penguasaan pemahaman para siswa terhadap pembelajaran ilmu Nahwu yang terkhusus pada materi Fi‟il berdasarkan kategori waktu. Pengembangan metode Mnemonic pada pembelajaran Ilmu Nahwu materi Fi‟il peneliti tawarkan sebagai solusi terhadap permasalahan yang dialami. Maka tujuan adanya penelitian ini untuk: 1) Mengetahui hasil pengembangan metode Mnemonic dengan basis Traffic-Light dalam pembelajaran Ilmu Nahwu materi Fi‟il, 2) Mengetahui kelayakan metode pembelajaran yang telah dikembangkan beserta hasil produknya, 3) Mengetahui efektivitas metode pembelajaran yang telah dikembangkan dalam meningkatkan penguasaan pemahaman siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Boja. Pada penelitian ini termasuk jenis penelitian RnD (Research and Development) yang berpacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Boja. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dokumentasi, serta instrumen yang berupa angket dan tes. Hasil yang didapatkan peneliti akan diolah melalui proses analisis data dengan perantara uji statistik IBM SPSS versi 26 berupa: uji kelayakan instrumen yang melalui uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat hipotesis yang melalui uji normalitas dan uji homogenitas, uji untuk menjawab hipotesis penelitian dengan uji Paired Sample T-test serta uji efektivitas melalui uji N-Gain. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan metode Mnemonic berbasis Traffic-Light dalam pembelajaran ilmu Nahwu materi Fi‟il berdasarkan proses penelitian dan pengembangan model ADDIE menghasilkan produk metode pembelajaran bernama “MTL-Fi‟il” yang produk hasil pengembangannya tertuang dalam buku saku panduan berjudul “MTL Guide-book for Fi‟il” berisi; prinsip dasar MTL-Fi‟il, syntaks atau langkah pembelajaran MTL-Fi‟il, beserta contoh perantara pembelajaran MTL-Fi‟il, 2) Metode pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk diterapkan pada siswa dalam menunjang pembelajaran ilmu Nahwu dengan pokok materi Fi‟il berdasarkan kategori waktu, dengan hasil presentase yang diperoleh berdasarkan penilaian oleh ahli materi sebesar 96% dan ahli metode sebesar 100% yang dari presentase keduanya dinyatakan produk metode pembelajaran yang telah dikembangkan “sangat layak”, 3) Efektivitas metode pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan penguasaan pemahaman siswa terhadap pembelajaran ilmu Nahwu materi Fi‟il dengan nilai signifikasi yang diperoleh pada uji Paired Sample T-test sebesar 0,00 dan uji N-Gain sebesar 0,7165 atau 71% dalam kategori tafsiran efektivitas “Cukup Efektif”.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Mnemonic, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Ilmu Nahwu, Traffic-Light |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 11:36 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 11:36 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72134 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
