PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ILMU BALĀGHAH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA

Rochimul Umam, NIM.: 23204021027 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ILMU BALĀGHAH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ILMU BALĀGHAH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA)
23204021027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ILMU BALĀGHAH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA)
23204021027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar balaghah berbasis kontekstual yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep balaghah. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa mata kuliah Al-Balaghah wa al-Nuṣūṣ al- Adabiyah sering dianggap sulit oleh mahasiswa, terutama karena sifat materinya yang abstrak serta bahan ajar yang tersedia masih didominasi oleh teks-teks klasik (turats) yang kurang relevan dengan kehidupan mereka saat ini. Untuk menjawab tantangan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengikuti mata kuliah Al-Balaghah wa al- Nuṣūṣ al-Adabiyah pada semester Gasal 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, validasi ahli, serta tes pretest dan posttest. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menilai kevalidan dan kepraktisan, serta uji statistik paired sample t-test dan perhitungan N-Gain untuk mengukur efektivitas bahan ajar. Hasil validasi para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid, baik dari segi isi, bahasa, maupun tampilan. Implementasi bahan ajar menunjukkan tingkat kepraktisan yang tinggi berdasarkan respons mahasiswa yang menilai bahan ajar mudah dipahami, menarik, dan membantu dalam pembelajaran mandiri. Uji efektivitas melalui paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman mahasiswa, dari rata-rata skor pretest sebesar 54,64 menjadi 85,36 pada posttest (p < 0,05). Nilai N-Gain juga menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang hingga tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar balaghah berbasis kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran balaghah di tingkat perguruan tinggi. Namun demikian, penelitian ini masih memiliki beberapa keterbatasan, seperti jumlah sampel yang belum mewakili populasi secara menyeluruh, belum tersedianya versi digital serta media visual interaktif. Oleh karena itu, pengembangan lebih lanjut disarankan agar bahan ajar dapat menjangkau lebih banyak gaya belajar mahasiswa dan diuji pada skala yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Balaghah, Pendekatan Kontekstual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jul 2025 11:38
Last Modified: 24 Jul 2025 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum