IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI DAN UMRAH PADA PT. SURYA CITRA MADANI KOTA YOGYAKARTA

Irfan Fahmi Al Barqi, NIM.: 18102040059 (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI DAN UMRAH PADA PT. SURYA CITRA MADANI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI DAN UMRAH PADA PT. SURYA CITRA MADANI KOTA YOGYAKARTA)
18102040059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI DAN UMRAH PADA PT. SURYA CITRA MADANI KOTA YOGYAKARTA)
18102040059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji dan umrah pada PT. Surya Citra Madani Kota Yogyakarta. Dewasa ini, semakin meningkatnya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji, khususnya umrah karena haji hanya bisa dilaksanakan pada waktu tertentu sebagaimana yang telah ditetapkan syariat Islam. Penyelenggaraan haji dan umrah di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan. Beberapa kendala dalam penyelenggaraan haji dan umrah meliputi: kurangnya edukasi sebelum keberangkatan, kualitas pelayanan yang bervariasi, , dan manajemen logistik yang kompleks. Strategi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam berbagai aktivitas di sebuah lembaga, tidak terkecuali dalam menyusun strategi perencanaan untuk pelayanan publik agar yang konsumen merasa puas dari pelayanan yang telah diberikan. J.L Thompson dalam Maharani et al (2022) menakrifkan strategi adalah jalan memperoleh sebuah hasil akhir. Sedangkan Manajemen berasal dari kata manus yang memiliki arti tangan dan agree yang bermakna melaksanakan. Adapun Manajemen dakwah sendiri adalah aktivitas organisasi dakwah yang bertujuan untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan, dengan tujuan utama mencapai amar ma'ruf nahi munkar. Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umrah pada PT. Surya Citra Madani dapat tercapai apabila proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan yang bertujuan untuk mencapai amar ma’ruf nahi mungkar bisa berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Muhammad Irfai Muslim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen Dakwah, Kuaitas Pelayanan, Haji dan Umrah
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.352 Manajemen Haji-Umroh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Jul 2025 09:13
Last Modified: 31 Jul 2025 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum