PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI ILMU BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS X

Adib Ashabulabib, NIM.: 21104040046 (2025) PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI ILMU BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI ILMU BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS X)
21104040046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI ILMU BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS X)
21104040046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (38MB) | Request a copy

Abstract

LKPD memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran. Pada saat ini, banyak LKPD yang bersifat konvensional dan belum mengoptimalkan pengembangan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD terintegrasi ilmu biologi berbasis inquiry learning pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis dan selfconfidence peserta didik kelas X yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X2 dan X4 di SMA Negeri 1 Jetis tahun ajaran 2024/2025. Adapun validator dalam penelitian ini adalah 2 dosen program studi pendidikan matematika dan 2 pendidik. Analisis data meliputi hasil wawancara, validitas instrumen, reliabilitas instrumen, validitas LKPD, praktikalitas LKPD, dan efektivitas LKPD. LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran karena memenuhi kriteria validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Validitas LKPD tergolong sangat valid dengan persentase sebesar 95%. Praktikalitas ditunjukkan melalui respons peserta didik sebesar 80,30%, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,33%, dan aktivitas peserta didik sebesar 91,00%. Efektivitas LKPD dibuktikan melalui uji MANOVA yang menunjukkan perbedaan signifikan kemampuan koneksi matematis dan self-confidence antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi, sehingga penggunaan LKPD dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Inquiry Learning, Integrasi, Koneksi Matematis, LKPD, Self- Confidence
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Jul 2025 14:18
Last Modified: 31 Jul 2025 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum