Muhammad Ilham Luthfi, NIM.: 22204021004 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HADIS KULLI YAUMIN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUHADASAH SISWA KMI BAITUSSALAM PRAMBANAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HADIS KULLI YAUMIN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUHADASAH SISWA KMI BAITUSSALAM PRAMBANAN)
22204021004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HADIS KULLI YAUMIN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUHADASAH SISWA KMI BAITUSSALAM PRAMBANAN)
22204021004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar muhadasah dan bahan ajar yang ada dalam pembelajaran muhadaṡah belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Bahan ajar yang digunakan merupakan bahan ajar yang berasal dari Gontor sehingga isi materi yang terkandung di dalamnya merupakan kearifan lokal yang ada di Gontor, sehingga bahan ajar ini menjadi tidak kontekstual dengan kehidupan sehari-hari siswa KMI Baitussalam Prambanan putra. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan bahan ajar hadīṡ kulli yaumin berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar muhadaṡah di KMI Baitussalam Prambanan. 2) untuk mengetahui keefektifan pengembangan bahan ajar hadīṡ kulli yaumin berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar muhadaṡah di KMI Baitussalam Prambanan. Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kemudian peneliti menggunakan desain uji efektivitas dengan teknik One Group Pre-Test – Post-Test Design. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang menghasilkan bahan ajar cetak dengan 49 halaman dan ukuran A5 yang telah diuji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. 2) Hasil analisis pre-test dan post-test II hasil belajar mata pelajaran muhadaṡah 13 siswa KMI Baitussalam putra dengan teknik analisis Paired Sample T-Test dihasilkan bahwa nilai thitung 13,856 ≥ tabel 2,201 yang dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, atau nilai Sig. 0,00 ≤ 0,05 yang dapat diinterpretasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran muhadaṡah setelah menggunakan bahan ajar hadīṡ kulli yaumin berbasis kearifan lokal. Uji N-Gain dengan hasil nilai rata-rata skor sebesar 0,81 dengan klasifikasi tinggi dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas penggunaan produk bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah ‘efektif’.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Nasiruddin, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Muhadasah, Kearifan Lokal |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 14:41 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 14:41 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72356 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
