Sasikirana Zahra Maheswari, NIM.: 21104040027 (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS BUDAYA KASONGAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS BUDAYA KASONGAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR)
21104040027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS BUDAYA KASONGAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR)
21104040027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis discovery learning dengan konteks budaya Kasongan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah dua dosen pendidikan matematika sebagai validator ahli, pendidik matematika sebagai penilai kepraktisan dan validator, serta peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 3 Kasihan. Instrumen yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara, lembar validasi E-LKPD, lembar validasi modul ajar, validasi angket respon pendidik dan peserta didik, angket respon pendidik, angket respon peserta didik, lembar validasi soal tes kemampuan pemecahan masalah, dan lembar soal tes xxv kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli dengan perolehan rata-rata 102,33. Kepraktisan E-LKPD yang dikembangkan dinilai oleh pendidik dan peserta didik. Hasil penilaian E-LKPD oleh pendidik memperoleh persentase kepraktisan 93,33% yang termasuk kategori sangat baik, sedangkan peserta didik memperoleh persentase kepraktisan sebesar 76,41% yang termasuk kategori baik. Selain valid dan praktis, ketuntasan hasil posttest kemampuan pemecahan masalah sebesar 68,75% sehingga E-LKPD dinyatakan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah. Hal ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis Paired Sample T-test dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian, E-LKPD berbasis discovery learning dengan konteks budaya Kasongan ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar. Kata Kunci: E-LKPD, Discovery Learning, budaya Kasongan, kemampuan pemecahan masalah
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Discovery Learning, budaya Kasongan, kemampuan pemecahan masalah |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:50 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:50 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72366 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
