IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN SAINS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK Y NGAGLIK SLEMAN

Afifah Sabrina, NIM.: 21104030018 (2025) IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN SAINS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK Y NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN SAINS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK Y NGAGLIK SLEMAN SKRIPSI)
21104030018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN SAINS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK Y NGAGLIK SLEMAN SKRIPSI)
21104030018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya stimulasi kognitif bagi anak usia dini melalui kegiatan yang bersifat eksploratif dan menyenangkan. Kurangnya kegiatan yang mendorong kemampuan berpikir kritis di TK Y menjadi problematika yang mendasari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode eksperimen sains di TK Y serta mengetahui perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun setelah mengikuti kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik coding yang meliputi tahap open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode eksperimen sains di TK Y dilakukan melalui tahapan perencanaan (menyiapkan alat, bahan, dan langkah kegiatan), pelaksanaan (memberikan arahan, mendampingi proses eksperimen, dan membimbing eksplorasi), serta evaluasi (melalui refleksi, tanya jawab, dan diskusi sederhana). (2) Faktor pendukung implementasi meliputi antusiasme anak, dukungan guru, serta ketersediaan alat dan bahan sederhana. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain keterbatasan waktu, jumlah anak yang banyak dalam satu kelas, dan kurangnya variasi media eksperimen. Kata kunci: eksperimen sains , perkembangan kognitif, anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Bahtiar Arbi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: eksperimen sains , perkembangan kognitif, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 05 Aug 2025 10:21
Last Modified: 05 Aug 2025 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum