M. Rizal Latiful Khoir, NIM.: 20105050082 (2025) PEMAHAMAN HADIS TENTANG PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DALAM MEMBENTUK ADAB (STUDI MA’ANIL HADIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMAHAMAN HADIS TENTANG PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DALAM MEMBENTUK ADAB (STUDI MA’ANIL HADIS))
20105050082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (PEMAHAMAN HADIS TENTANG PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DALAM MEMBENTUK ADAB (STUDI MA’ANIL HADIS))
20105050082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Adab merupakan elemen sentral dalam Islam yang berfungsi membentuk akhlak mulia, khususnya pada anak-anak. Orang tua memegang peran penting sebagai pendidik pertama dan teladan utama dalam menanamkan nilai-nilai adab kepada anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas hadis tentang peran orang tua dalam mendidik anak untuk memiliki adab, memahami kandungan maknanya, serta mengkontekstualisasikannya dengan problematika adab anak di era modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), mengacu pada kitab-kitab hadis otoritatif dan literatur pendukung seperti buku, artikel, dan pendapat ulama kontemporer. Analisis dilakukan melalui pendekatan tematik dan kontekstual, sebagaimana dijelaskan oleh Yusuf Al-Qaradawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hadis tentang peran orang tua dalam mendidik anak untuk memiliki adab tergolong dha’if, karena hanya memiliki satu jalur sanad (gharīb) tanpa penguat (syahid/muttabi’), meskipun tidak mengandung penyimpangan makna (syad). Namun demikian, isi hadis tersebut tetap relevan dalam konteks fada’il al-a‘mal dan dapat dijadikan pedoman moral dalam pendidikan. Kandungan hadis menegaskan bahwa orang tua memiliki tanggung jawab utama dalam membentuk karakter anak. Kontekstualisasi hadis ini dengan tantangan era modern seperti globalisasi, teknologi digital, dan media sosial menunjukkan bahwa metode pendidikan adab perlu disesuaikan secara bijak, dengan tetap menekankan keteladanan, komunikasi efektif, dan pendampingan digital sebagai sarana pendidikan karakter anak di zaman kini.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dadi Nurhaedi, S.Ag.M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Hadis, Pendidikan Adab, Peran Orang Tua, Adab, Tantangan Modern, Kontekstualisasi |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.125 Hadis |
| Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 11:03 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 11:03 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72379 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
