Nafisatul Musyarofah, NIM.: 21104010046 (2025) ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024)
21104010046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024)
21104010046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Sebagai bentuk respon terhadap permasalahan tersebut, fakultas menyelenggarakan program Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur’an (PKTQ). Sejak berdirinya, pembelajaran di PKTQ menggunakan modul ajar yang disusun oleh tim PKTQ sendiri, namun tidak menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan. Hingga tahun 2023, PKTQ melakukan pembaruan kurikulum dengan menjalin kerjasama bersama lembaga Hanifa Darul Hidayah melalui penerapan metode tahsin Hanifa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa setelah diterapkannya metode tahsin Hanifa dalam program PKTQ. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian komparatif deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta program PKTQ 2024 pada grade 1, 2, dan 3 dengan jumlah 248 mahasiswa. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu data nilai pre-test dan post-test kemampuan membaca Al-Qur’an. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik berupa uji Z paired-samples proportions tests, uji Z independent samples proportions tests dan uji One Way Anova dengan Sheffe’s Test untuk uji lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan setelah penerapan metode tahsin Hanifa pada PKTQ FITK UIN Sunan Kalijaga 2024 (Z = 13,230, p<0,001) dengan rincian sebagai berikut; a) Dari segi gender tidak ada perbedaan signifikan (Z = 0,912, p = 0,362). b) Dari segi kelompok prodi tidak ada perbedaan signifikan (Z = 0,069, p = 0,945). c) Dari segi grade ada perbedaan peningkatan yang signifikan (Z = 2,599, p = 0,009). d) Dari segi prodi ada perbedaan signifikan (F = 2,065, p = 0,040). e) Dari segi aspek kemampuan membaca Al-Qur’an ada perbedaan signifikan (F = 16,689, p<0,001).
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Sri Purnami, S.Psi. M.A. |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Tahsin Hanifa, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Mahasiswa |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 10:03 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 10:03 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72421 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
