PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ISTIMA’ AL-AKHBAR MELALUI TBLT (TASK BASED LANGUAGE TEACHING) BERBASIS CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) DI PRODI PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Moh Arif Nurmuzib, NIM.: 23204021014 (2025) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ISTIMA’ AL-AKHBAR MELALUI TBLT (TASK BASED LANGUAGE TEACHING) BERBASIS CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) DI PRODI PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ISTIMA’ AL-AKHBAR MELALUI TBLT (TASK BASED LANGUAGE TEACHING) BERBASIS CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) DI PRODI PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
23204021014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ISTIMA’ AL-AKHBAR MELALUI TBLT (TASK BASED LANGUAGE TEACHING) BERBASIS CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) DI PRODI PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
23204021014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh; 1) rendahnya kemampuan mahasiswa dalam memahami berita berbahasa Arab yang disampaikan oleh penutur asli dalam mata kuliah Istima‘ al-Akhbār, 2) pemanfaatan e-learning resmi UIN Sunan Kalijaga sebagai media evaluasi pembelajaran Istima‘ al-Akbar masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) menyusun media evaluasi pembelajaran Istima’ al-Akbar melalui TBLT berbasis Content Management System (CMS), 2) untuk mengukur kelayakan pengembangan evaluasi pembelajaran aktivitas latihan interaktif yang dirancang untuk melatih keterampilan menyimak berita bahasa Arab, 2) hasil penilaian validasi kelayakan diperoleh skor 80,4% dari ahli materi dan 96,88% dari ahli media, yang termasuk kategori ―baik‖ dan ―sangat layak‖, serta mendapatkan respon positif dari mahasiswa, dan, 3) uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan terhadap keterampilan menyimak mahasiswa, dengan nilai signifikansi paired sample t-test sebesar 0,001 (< 0,05), serta nilai N-Gain sebesar 0,4991 atau 49,91%, yang termasuk dalam kategori "sedang–efektif" Istima‘ al-Akbar melalui TBLT berbasis CMS, dan 3) untuk menguji efektivitas dan respon penggunaan evaluasi pembelajaran Istima’ al-Akbar melalui TBLT berbasis CMS (Content Management System). Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data diperoleh melalui wawancara, angket, dokumentasi dan tes (pretest-posttest) terhadap subjek penelitian mahasiswa semester strata satu semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Analisis data angka dilakukan dengan uji statistik SPSS, yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian ini adalah: 1) produk berupa media evaluasi pembelajaran Istima’ al-Akbar melalui TBLT berbasis CMS (Content Management System), yang memuat tiga tahapan aktivitas, yaitu, pre-task, task cycle, dan focus language, setiap aktivitas terdapat berbagai tugas dan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Task-Based Language Teaching, Istima’ al-Akhbar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Aug 2025 10:41
Last Modified: 20 Aug 2025 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum