IMPLIKASI KEGIATAN TARI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN PEMBINA YOGYAKARTA

Fitri Ayu Widyaningsih., NIM.: 18104030035 (2025) IMPLIKASI KEGIATAN TARI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI KEGIATAN TARI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN PEMBINA YOGYAKARTA)
18104030035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI KEGIATAN TARI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN PEMBINA YOGYAKARTA)
18104030035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan hambatan intelegensi di bawah rata-rata cenderung sulit untuk melakukan aktivitas/kegiatan seperti anak pada umumnya, sehingga pentingnya metode pembelajaran tari yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus dapat mengembangkan aspek perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikasi kegiatan tari terhadap aspek-aspek perkembangan anak berkebutuhan khusus serta mengidentifikasi faktor penghambat dalam pelaksanaannya di SLBN Pembina Yogyakarta. SLBN Pembina Yogyakarta menggunakan tari sebagai salah satu strategi pembelajaran intrakulikuler yang menyentuh ranah motorik, emosional, sosial dan kognitif. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data dengan subjek penelitian meliputi guru tari, guru kelas, dan siswa ABK pada jenjang TKLB dan SDLB kelas 1. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan tari memberikan dampak positif terhadap perilaku siswa, seperti munculnya kemampuan bergiliran, mengontrol emosi, mampu mengikuti instruksi, serta menunjukkan antusiasme terhadap gerakan tari yang sudah familiar bagi mereka. Anak yang mendapatkan stimulasi dari orang tua menunjukkan progres yang lebih signifikan. (2) Faktor penghambat dalam kegiatan tari terdiri atas faktor internal (karakteristik anak, minat belajar, karakteristik hambatan intelektual) dan faktor eksternal (waktu pembelajaran terbatas, minimnya kolaborasi guru, wali kelas dan orang tua). Oleh karena itu, kegiatan tari memiliki dampak yang dapat dijadikan sebagai media efektif dalam mengembangkan aspek sosial-emosional ABK apabila didukung dengan lingkungan belajar yang kondusif dan pendekatan yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Rohinah, S.Pd.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: tari; Anak Berkebutuhan Khusus; SLB C; perkembangan anak.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Sep 2025 11:38
Last Modified: 04 Sep 2025 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum