UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN DI TK MELATI SUCI RAJEK LOR TIRTOADI

Iis Wahyu Hidayati, NIM.: 18104030068. (2025) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN DI TK MELATI SUCI RAJEK LOR TIRTOADI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN DI TK MELATI SUCI RAJEK LOR TIRTOADI)
18104030068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN DI TK MELATI SUCI RAJEK LOR TIRTOADI)
18104030068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permainan tradisional jamuran merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan guru sebagai metode pembelajaran. Aspek sosial emosional anak sangat penting untuk perkembangan pembelajaran. Kenyataannya terdapat beberapa anak mengalami hambatan perkembangan sosial emosional. Oleh karena itu, guru seharusnya berupaya untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu upaya dapat menggunakan permainan tradisional. Tujuan penelitian adalah untuk meneliti upaya guru dalam mengembangkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui metode permainan tradisional jamuran. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah informen dalam penelitian terdiri 1 Guru kelas, 1 Kepala Sekolah dan 13 Siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dn penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional melalui permainan tradisional jamuran dengan cara pemberian pujian kepada anak untuk menghargai partisipasi anak dalam kegiatan tersebut. Kedua, metode permainan tradisional jamuran dapat mengembangkan perkembangan sosial emosional anak. Hal ini dapat dibuktikan bahwa permainan jamuran dapat mengembangkan rasa percaya diri, mengendalikan emosi, menghargai orang lain dan memiliki tanggug jawab. Ketiga, faktor pendukung meliputi lingkungan yang aman dan minat anak dalam permainan tradisional jamuran. Adapun faktor penghambat meliputi penurunan jumlah peserta didik dan pola asuh orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM.
Uncontrolled Keywords: sosial emosional anak; permainan tradisional; jamuran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Sep 2025 14:50
Last Modified: 04 Sep 2025 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum