Ngaisah, NIM.: 91411742 (1996) UPAYA MAJELIS MUSYAWARAH MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (UPAYA MAJELIS MUSYAWARAH MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI)
91411742_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (17MB) | Preview |
|
|
Text (UPAYA MAJELIS MUSYAWARAH MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI)
91411742_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran organisasi internal madrasah dalam mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan motivasi belajar siswa di lingkungan pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien (M3HM) dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, mengidentifikasi bentuk upaya yang ditempuh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi-ien, serta mendeskripsikan hasil yang dicapai dari upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik nonstatistik berpola induktif dan deduktif, serta data kuantitatif yang dianalisis menggunakan rumus statistik sederhana. Subjek penelitian meliputi kyai, pengurus majelis, guru, dan siswa, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa M3HM menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti musyawarah rutin, Jam’iyah Nahdliyah, penerbitan majalah dinding, serta program kesiswaan lainnya yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan angket, kegiatan musyawarah memberikan pengaruh dalam memperdalam pemahaman materi (42,4%), membantu pemecahan kesulitan belajar (40,0%), dan mendorong kreativitas (17,6%). Selain itu, 54,1% siswa menyatakan kegiatan musyawarah mendorong peningkatan prestasi, sementara 60,0% menyatakan memperoleh pengalaman baru. Secara keseluruhan, usaha M3HM terbukti berhasil mendorong motivasi belajar, ditunjukkan dengan capaian siswa teladan yang mayoritas berasal dari anggota aktif M3HM.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. H.A. Janan Asifuddin, MA. - Digitalisasi |
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Musyawarah Madrasah, Pondok Pesantren Lirboyo |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Asri Yuna Chasanawati |
| Date Deposited: | 12 Sep 2025 10:31 |
| Last Modified: | 12 Sep 2025 10:41 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72574 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
