PENGEMBANGAN MATH POCKET BOOK MATERI PECAHAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD/MI

Nelly Sa’adah, NIM.: 23204081029 (2025) PENGEMBANGAN MATH POCKET BOOK MATERI PECAHAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATH POCKET BOOK MATERI PECAHAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD/MI)
23204081029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATH POCKET BOOK MATERI PECAHAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD/MI)
23204081029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan hasil pengembangan math pocket book untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas II SD/MI, 2) Menganalisis kelayakan produk hasil pengembangan math pocket book untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SD/Mi, 3) Menganalisis efektivitas math pocket book dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SD/MI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon, angket motivasi dan tes. Data pada penelitian ini dianalisis mengguakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi produk oleh para ahli. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data validasi produk oleh para ahli, penilaian produk oleh guru, dan uji efektivitas produk dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa math pocket book yang dikembangkan memiliki karakterstik yaitu: Praktis, ringkas, visual yang menarik dengan ukuran yang kecil mudah dibawa kemana-mana, dan fleksibel. Math pocket book ini dinilai layak berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi yang menunjukkan bahwa math pocket book berada pada kategori sangat valid. Selain itu hasil penilaian dari guru menunjukkan bahwa media math pocket book temasuk kategori sangat baik, dan respon siswa terhadap math pocket book sangat positif dengan tingkat kemenarikan mencapai 97,33%. Media math pocket book terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa sebagaimana ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest yang signifikan. Hasil analisis dari pretest pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai rata-rata 67,3% meningkat pada posttest menjadi 87,2%. Sedangkan hasil analisis dari pretest motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata 38,8% meningkat pada posttest menjadi 42,2%. Hasil uji normalitas pemahaman konsep menunjukkan nilai signifikansi pretest 0,429 dan posttest 0,354, sedangkan motivasi belajar matematika menujukkan nilai signifikansi pretest 0,222 dan posttest 0,362. Karena seluruh nilai signifikan >0,05, maka H0 diterima, sehingga data berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa media math pocket book efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Hj. Endang Sulistiyowati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; pembelajaran matematika; pecaha; pemahaman konsep; motivasi belajar matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Sep 2025 14:32
Last Modified: 08 Sep 2025 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum