UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I KEDU TEMANGGUNG

Siti Ngaisah, NIM.: 88410546 (1994) UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I KEDU TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I KEDU TEMANGGUNG)
88410546_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I KEDU TEMANGGUNG)
88410546_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian peserta didik agar menjadi manusia muslim yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Namun dalam praktiknya, masih banyak siswa SMP Negeri I Kedu Temanggung yang mengalami kesulitan belajar, baik dalam bidang tauhid maupun ibadah. Kesulitan tersebut berdampak pada rendahnya pemahaman dan praktik keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, menganalisis faktor-faktor penyebabnya, serta mengungkap upaya guru dalam mengatasinya. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 100 siswa yang diambil secara acak dari populasi 400 siswa SMP Negeri I Kedu Temanggung. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh faktor internal, seperti kurangnya kemampuan membaca dan menulis huruf Arab, serta faktor eksternal, seperti kurangnya dukungan keluarga dan lingkungan belajar yang belum kondusif. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan tersebut dilakukan melalui pemberian motivasi, bimbingan tambahan berupa kursus baca tulis Al-Qur’an, hafalan ayat-ayat pilihan, praktik ibadah, serta keteladanan sikap. Kesimpulannya, kesulitan belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam dapat diminimalisasi melalui kombinasi pendekatan pembelajaran yang tepat, motivasi belajar yang berkelanjutan, dan peran aktif guru sebagai pembimbing spiritual maupun akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dra. H. Siti Bariratun
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, Pendidikan Agama Islam, upaya pendidik, SMP Negeri I Kedu.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 09 Sep 2025 13:59
Last Modified: 09 Sep 2025 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum