EFEKTIVITAS METODE SOROGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP 3 SEWON (Materi Perpangkatan Aljabar dan Persamaan Linier Satu Variabel)

LISAIHA RODIYYA BASORI, NIM. 08600048 (2013) EFEKTIVITAS METODE SOROGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP 3 SEWON (Materi Perpangkatan Aljabar dan Persamaan Linier Satu Variabel). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE SOROGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP 3 SEWON (Materi Perpangkatan Aljabar dan Persamaan Linier Satu Variabel))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE SOROGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP 3 SEWON (Materi Perpangkatan Aljabar dan Persamaan Linier Satu Variabel))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivan metode pembelajaran sorogan dibandingkan metode pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP 3 Sewon tahun ajaran 2012/2013 semester ganjil pada materi perpangkatan aljabar dan persamaan linier satu variabel. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest posttest control design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu metode pembelajaran sorogan dan konvensional, sedangkan variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 3 Sewon tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas (sebanyak 112 siswa). Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kemandirian belajar dan tes yang berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji t untuk hasil nilai angket kemandirian kedua kelas, diketahui nilai signifikansi 2-tailed adalah 0,092. Karena digunakan uji hipotesis satu sisi (one tailed), maka nilai signifikansi (2–tailed) harus dibagi dua, dan hasilnya adalah 0,046 < 0,05. Jadi, rata-rata nilai hasil angket kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata nilai hasil angket kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode sorogan lebih efektif daripada model pembelajaran dengan metode konvensional (ceramah) terhadap kemandirian belajar siswa. Nilai signifikansi 2-tailed indeks gain sebesar 0,052. Karena digunakan uji hipotesis satu sisi (one tailed), maka nilai signifikansi (2–tailed) harus dibagi dua, hasilnya 0,026 < 0,05, berdasarkan kriteria pengujian, H0 ditolak. Berarti gain pemahaman konsep matematika kelas eksperimen mempunyai rata-rata yang lebih besar daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika dengan metode sorogan lebih efektif daripada model pembelajaran dengan metode ceramah terhadap pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: sorogan, pemahaman konsep, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2013 15:32
Last Modified: 19 Apr 2013 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum