Rindang Ilma Lestari, NIM.: 23204081003 (2025) PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN PEMAHAMAN ALUR TULISAN SISWA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN PEMAHAMAN ALUR TULISAN SISWA DI SEKOLAH DASAR)
23204081003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN PEMAHAMAN ALUR TULISAN SISWA DI SEKOLAH DASAR)
23204081003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan penggunaan buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan di sekolah dasar. (2) Untuk mengetahui bagaimana kepraktisan pengembangan buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan di sekolah dasar. (3) Untuk mengetahui bagaimana efektifitas pengembangan buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model pengembangan ADDIE: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian dan tes. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan validasi produk oleh para ahli. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data penilaian produk oleh guru dan uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test berbantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan siswa yaitu: 1) buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY berhasil dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. 2) telah diperoleh bahan ajar yang layak untuk digunakan pada pelaksanaan pembelajaran dengan hasil respon guru terhadap kelayakan sebesar 97% yang termasuk pada kategori “sangat layak”. 3) dinyatakan efektif dalam kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan yang ditunjukkan oleh uji paired sample ttest dengan nilai sig 0,000< 0,05 dan sig sebesar 0,000<0,05.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I,M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | buku pembelajaran literasi; kearifan lokal; membaca permulaan; alur tulisan. |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 10:18 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 10:18 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72632 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
