Wewen Andrianto, NIM.: 23204081010 (2025) PENGEMBANGAN BUKU SAKU CERITA 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATERI BERCERITA PADA SISWA SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BUKU SAKU CERITA 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATERI BERCERITA PADA SISWA SD/MI)
23204081010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN BUKU SAKU CERITA 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATERI BERCERITA PADA SISWA SD/MI)
23204081010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dilakukanya penelitian ini untuk mengetahui: (1) bagaimana proses pengembangan buku saku cerita 7 kebiasaan anak Indonesia hebat berbasis konstruktivisme, (2) bagaimana karakteristik buku saku cerita, (3) bagaimana kualitas buku saku cerita, (4) bagaimana keefektifitasan buku saku cerita dalan menumbuhkan kedisiplinan dan hasil belajar materi bercerita kelas 1 MI Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development menggunakan ADDIE. Adapun tahapan berikut: (1) Analisis (Analysis) menganalis proses pembelajaran. (2) Perencanaan (Design), konsep buku saku cerita 7 kebiasaan anak Indonesia hebat menggunakan aplikasi Canva. (3) Pengembangan (Development) pengembangan produk yang diuji ahli media dan ahli materi. (4) Implementasi (Implementation) penerapan media untuk mengukur kedisiplinan dan hasil belajar materi bercerita. (5) Evaluasi (Evaluation) hasil keseluruhan dan penerapan media yang menumbuhkan kedisiplinan dan hasil belajar materi bercerita. Hasil penelitian berikut: (1) produk yang dihasilkan berupa buku saku cerita 7 kebiasaan anak Indonesia hebat berbasis konstruktivisme yang telah melalui tahap validasi serta uji coba lapangan. (2) Karakteristik buku saku 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat menggunakan pendekatan konstruktivisme yang mendorong siswa membangun pengetahuan melalui interaksi dan pengalaman pribadi mereka, serta melatih kemampuan bercerita. Desainnya praktis dan menarik, sehingga mudah dipahami dan menyenangkan bagi siswa SD/MI. (3) kualitas buku saku cerita berbasis konstruktivisme bisa dilihat dari uji validitas ahli media memperoleh skor persentase sebesar 90% yang memenuhi kriteria “sangat layak”. Dan ahli materi memperoleh skor persentase sebesar 92% yang memenuhi kriteria “sangat layak”. respon dari guru sebesar 90% dan siswa sebesar 92.1% dapat membentuk kedisiplinan dan hasil belajar materi bercerita. (4) keefektifitasan buku saku cerita berbasis konstruktivisme layak digunakan. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis paired sample t-test dengan hasil pada kedisiplinan dan hasil belajar materi bercerita diperoleh sig (2 x tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Didukung juga dari hasil perbandingan nilai rata-rata kedisiplinan pretest 67,87 dan posttest 93.75. Hasil belajar materi bercerita diperoleh pretest 54,29 dan posttest 86,98. Hasil tersebut dapat disimpulkan kedisiplinan dan hasil belajar materi bercerita menunjukkan perbedaan yang meningkat signifikan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | buku saku cerita; konstruktivisme; kedisiplinan; hasil belajar |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 10:25 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 10:25 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72634 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
