M. Akzomi Zakawali, NIM.: 21204021010 (2025) INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN QIRA’AH AL-KUTUB DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN WAL IRSYAD WONOSARI (STUDI PENDEKATAN NADZARIYYAH AL-WAHDAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN QIRA’AH AL-KUTUB DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN WAL IRSYAD WONOSARI (STUDI PENDEKATAN NADZARIYYAH AL-WAHDAH))
21204021010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN QIRA’AH AL-KUTUB DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN WAL IRSYAD WONOSARI (STUDI PENDEKATAN NADZARIYYAH AL-WAHDAH))
21204021010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Bagaimana integrasi pembelajaran bahasa Arab dan qira’ah al-kutub di pondok pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari. Penelitian ini dianggap memiliki urgensi tersendiri melihat adanya dikotomi terkait dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab dari masing-masing Lembaga pendidikan, dengan melihat problematika tersebut, penelitian ini sangatlah penting untuk dilakukan agar tidak ada lagi dikotomi yang terjadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, dimana peneliti melakukan penyelidikan dengan cermat mengenai suatu peristiwa, aktivitas, proses, program, ataupun sekelompok individu. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan dan kesahihan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu integrasi pembelajaran bahasa Arab dan qira’ah al-kutub di pondok pesantren darul qur’an wal irsyad meliputi: Integrasi pada tujuan pembelajaran Bahasa Arab dan Qira’ah al-Kutub, Integrasi dalam bahan ajar, Integrasi dalam metode pembelajaran bahasa Arab dan qira’ah al-kutub, Integrasi dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab dan qira’ah al-kutub. Kelebihannya, Pembelajaran Lebih Holistik dan Terpadu, Meningkatkan Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Lebih Menarik, Mengurangi Fragmentasi Pengetahuan, Efisiensi Waktu, Mengembangkan Keempat Keterampilan Bahasa, Meningkatkan Daya Tarik dan Motivasi, dan kekurangannya, Membutuhkan Guru yang Sangat Kompeten, Potensi Kurangnya Kedalaman pada Aspek Tertentu, Berat untuk pemula, kurangnya kemampuan santri untuk mengikuti pembelajaran, evaluasi Bisa Lebih Sulit.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | integrasi pembelajaran; Pembelajaran Bahasa Arab; pembelajaran Qira’ah al-Kutub |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 11:00 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 11:00 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72639 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
