PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BERBAH

Hesti Wulandari, NIM.: 18104030014 (2025) PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BERBAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BERBAH)
18104030014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BERBAH)
18104030014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Masa anak usia dini merupakan periode emas yang sangat menentukan perkembangan anak, termasuk dalam menumbuhkan motivasi belajar. Berdasarkan observasi awal di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Berbah, ditemukan bahwa sebagian anak kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar. Hal ini menunjukkan adanya permasalahan dalam motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah orang tua wali murid, guru kelas, dan kepala sekolah di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Berbah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia dini di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Berbah sudah baik, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya antusiasme dan minat anak untuk belajar, terbentuknya rutinitas dan kedisiplinan, tumbuhnya rasa percaya diri, kemandirian, serta kebiasaan menghargai usaha dan pencapaian. Orang tua berperan sebagai pembimbing, motivator, pendidik, dan fasilitator melalui pemberian perhatian, dorongan, arahan, serta penyediaan fasilitas belajar. Faktor pendukung motivasi belajar antara lain perhatian orang tua, kerja sama antara guru dan orang tua, ketersediaan fasilitas belajar, serta lingkungan rumah yang kondusif. Sementara itu faktor penghambaat yang ditemukan yaitu kesibukan orang tua, keterbatasan ekonomi, kurangnya pemahaman orang tua mengenai metode pembelajaran anak usia dini, serta pengaruh gadget dan lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Sep 2025 14:07
Last Modified: 09 Sep 2025 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum