AKTUALISASI SISTEM AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN BUDI PEKERTI LUHUR KELOMPOK B DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN, MERGANGSAN, KOTAYOGYAKARTA

Rita Fatmawati, NIM.: 18104030067 (2025) AKTUALISASI SISTEM AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN BUDI PEKERTI LUHUR KELOMPOK B DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN, MERGANGSAN, KOTAYOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTUALISASI SISTEM AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN BUDI PEKERTI LUHUR KELOMPOK B DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN, MERGANGSAN, KOTAYOGYAKARTA)
18104030067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (AKTUALISASI SISTEM AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN BUDI PEKERTI LUHUR KELOMPOK B DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN, MERGANGSAN, KOTAYOGYAKARTA)
18104030067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Sistem among Ki Hadjar Dewantara merupakan metode pembelajaran yang dalam pelaksanaannya menggunakan asah, asih, dan asuh serta dengan semboyan ing ngarsha sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, dimana pamong atau pendidik menempatkan diri sebagai figur teladan, digugu lan ditiru dalam membentuk karakter peserta didik sejak usia dini. Peserta didik juga diberikan kemerdekaan belajar dan mengeksplore selagi tidak ada bahaya yang mengancam. TK Taman Indria merupakan sekolah nasional pertama yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada tahun 1922. Sejak berdirinya TK tersebut sudah menggunakan metode among dalam pembelajarannya. Aktualisasi sistem among sangat berpengaruh dalam menumbuhkan budi pekerti luhur pada anak didik kelompok B di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktualisasi sistem among Ki Hadjar Dewantara dalam menumbuhkan budi pekerti luhur di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat aktualisasi sistem among Ki Hadjar Dewantara di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup guru, kepala sekolah, dan 14 peserta didik kelompok B TK Taman Indria Ibu Pawiyatan. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik. Dengan pendekakatan kualitatif, peneliti menganalisis aktualisasi sistem among dalam menumbuhkan budi pekerti luhur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktualisasi sistem Among berhasil menanamkan berbagai nilai budi pekerti luhur seperti religiusitas, sosial, kejujuran, kemandirian, tanggung jawab, dan penghargaan terhadap lingkungan; (2) Peran aktif guru sebagai pembimbing dan teladan sangat menentukan keberhasilan penanaman nilai-nilai moral pada anak-anak. Diharapkan penerapan sistem among secara berkelanjutan dapat memperkuat karakter dan moral anak-anak sebagai bekal penting dalam kehidupan bermasyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sistem Among, Asah Asih Asuh, Budi Pekerti Luhur, Anak Usia Dini, Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Sep 2025 14:09
Last Modified: 09 Sep 2025 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum