PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS DI TKIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL

Imroatus Sakinah, NIM.: 18104030077 (2025) PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS DI TKIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS DI TKIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL)
18104030077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS DI TKIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL)
18104030077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media loose parts dalam pembelajaran anak usia dini serta dampaknya terhadap peningkatan perkembangan anak usia 5–6 tahun di TKIT Salsabila Al-Muthi’in. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat perkembangan anak yang ditandai dengan kurangnya inisiatif dan orisinalitas dalam bermain dan berkarya, serta dominasi media pembelajaran konvensional yang minim ruang eksplorasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 35 anak kelompok B dan dua guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media loose parts berupa bahan-bahan alam dan benda bekas yang bersifat terbuka dan fleksibel dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak, seperti imajinasi, kemampuan pemecahan masalah, konsentrasi, kolaborasi, dan rasa percaya diri. Selain itu, ditemukan faktor pendukung seperti antusiasme anak, fleksibilitas jadwal, dan inisiatif guru dalam memanfaatkan sumber daya lokal, serta faktor penghambat berupa keterbatasan fasilitas, jumlah guru, dan ketersediaan bahan. Temuan ini menguatkan bahwa media loose parts tidak hanya berfungsi sebagai alat bermain, tetapi juga sebagai strategi pedagogis yang efektif dalam menstimulasi perkembangan anak secara menyeluruh. Penelitian ini merekomendasikan penerapan loose parts sebagai alternatif pembelajaran yang kontekstual, ekonomis, dan sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: Loose Parts, Perkembangan Anak, Pembelajaran Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Sep 2025 14:11
Last Modified: 09 Sep 2025 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum