Nur Hayati, NIM.: 88430175 (1994) STUDI TENTANG METODE PENGAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS DI KELAS II SMP MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI TENTANG METODE PENGAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS I DI KELAS II SMP MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO)
88430175_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (26MB) | Preview |
|
|
Text (STUDI TENTANG METODE PENGAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS I DI KELAS II SMP MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO)
88430175_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penguasaan tenses merupakan salah satu aspek fundamental dalam pembelajaran bahasa Inggris, namun bagi siswa SMP di Indonesia hal ini sering menjadi kesulitan karena perbedaan sistem tata bahasa dengan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan guru dalam mengajarkan tenses bahasa Inggris di kelas II SMP Muhammadiyah Wates Kulon Progo, untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa maupun guru, serta untuk mengevaluasi hasil belajar siswa terkait penguasaan tenses. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang dipilih dengan teknik random sampling sebanyak 40 siswa dari populasi 183 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analitik serta perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru dalam pengajaran tenses meliputi penyajian materi secara langsung, latihan soal, dan penggunaan media pembelajaran sederhana. Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyesuaikan pronoun, verb form, dan adverb of time, sehingga prestasi belajar yang dicapai belum optimal. Guru menghadapi kendala dalam memilih metode yang tepat serta keterbatasan media pembelajaran. Kesimpulannya, keberhasilan pengajaran tenses di SMP Muhammadiyah Wates Kulon Progo sangat dipengaruhi oleh pemilihan metode yang sesuai dengan kondisi siswa. Upaya peningkatan dapat dilakukan dengan variasi metode yang lebih komunikatif, pemanfaatan media yang lebih menarik, serta peningkatan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. Sadjad Harjanto |
| Uncontrolled Keywords: | metode pengajaran, tenses, bahasa Inggris, kesulitan belajar, SMP Muhammadiyah Wates. |
| Subjects: | 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 14:13 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 14:13 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72657 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
