STUDI TENTANG PENGAJARAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA INCGRIS DI SMP MUHAMMADI YAH VIII YOGYAKARTA.

Alfin Aman, NIM.: 88430411 (1994) STUDI TENTANG PENGAJARAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA INCGRIS DI SMP MUHAMMADI YAH VIII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG PENGAJARAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA INCGRIS DI SMP MUHAMMADI YAH VIII YOGYAKARTA.)
88430411_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG PENGAJARAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA INCGRIS DI SMP MUHAMMADI YAH VIII YOGYAKARTA.)
88430411_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah memiliki posisi strategis dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai kendala, khususnya pada aspek keterampilan berbicara (maharah kalam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta II, untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta untuk mengevaluasi efektivitas strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII MTsN Yogyakarta II. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dilaksanakan dengan menggunakan metode percakapan, tanya jawab, dan praktik langsung melalui kegiatan muhadasah. Faktor pendukung meliputi motivasi siswa, ketersediaan buku ajar, dan dukungan lingkungan madrasah, sedangkan faktor penghambat berupa keterbatasan kosakata siswa, rendahnya rasa percaya diri, serta keterbatasan waktu pembelajaran. Strategi guru untuk mengatasi kendala tersebut dilakukan melalui pemberian latihan intensif, pembiasaan percakapan sederhana, serta pemberian motivasi secara berkelanjutan. Kesimpulannya, pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di MTsN Yogyakarta II sudah berjalan dengan baik meskipun masih menghadapi beberapa hambatan. Perbaikan berkelanjutan melalui variasi metode, peningkatan kosakata, serta penguatan motivasi siswa perlu dilakukan agar kemampuan berbicara bahasa Arab semakin optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs Moh Bakit
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Arab, keterampilan berbicara, strategi guru, MTsN Yogyakarta II.
Subjects: 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 09 Sep 2025 14:32
Last Modified: 09 Sep 2025 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum