Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Quantum Teaching Dalam Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA N 1 Prambanan

MILA RAHMAWATI , NIM. 08680030 (2013) Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Quantum Teaching Dalam Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA N 1 Prambanan. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Quantum Teaching Dalam Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA N 1 Prambanan)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Quantum Teaching Dalam Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA N 1 Prambanan)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Quantum Teaching terhadap minat belajar siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Prambanan, (2) Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada aspek kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Prambanan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi Exsperiment (eksperimen semu) dengan Randomized Pretest- Postest Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Prambanan. Sampel penelitian dipilih secara Cluster Random Sampling (acak) yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan t-test for two independent sampel. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Blended Learning berbasis Quantum Teaching terhadap minat belajar siswa menunjukan perbedaan rerata skor minat kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil pengujian statistik uji t kelas eksperimen sebesar 2,394 dengan p-value (sig.) sebesar 0,020 (<0,05), (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Blended Learning berbasis Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan rerata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil pengujian statistik uji t kelas eksperimen sebesar 3,531 dengan p-value (sig.) 0,001 (<0,05). Kata kunci : Blended Learning, Quantum Teaching, Materi Fungsi dan Struktur Jaringan Hewan, Minat, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2013 16:01
Last Modified: 03 Mar 2016 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum