Ima Rofaida, NIM.: 20104040049 (2025) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MTS KELAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MTS KELAS)
20104040049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MTS KELAS)
20104040049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui keefektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode Realistic Mathematic Education (RME) terintegrasi keislaman terhadap pemahaman kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) Mengetahui kefektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Realistic Mathematic Education (RME) terintegrasi keislaman terhadap minat belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiement) dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Gruop Design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Efektivitas metode pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terintegrasi keislaman sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis dan minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs Muhammadiyah Karangkajen, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebgai kelas eksperimen, kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest kemampuan berpikir kritis, prescale-postscale Skala minat belajar, dan modul ajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hopotesis Independent Sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Adapun hasil uji independent sample t-test Adapun hasil peneliyian menunjukkan bahwa uji independent sample t-test untuk data hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 0,015 < 0,05 (H0 ditolak) dapat dismupulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran RME terintegrasi keislaman lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kemudian pada hasil uji independent sample t-test data skala minat belajar peserta didk yaitu 0,0,035 < 0,05 (H0 ditolak) dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran RME terintegrasi keislaman lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar, Metode RME |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 10:11 |
| Last Modified: | 10 Sep 2025 10:11 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72687 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
