PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA

Akhmad Fuz Khildan, NIM.: 20104040061 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA)
20104040061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA)
20104040061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Namun kenyataannya, pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah masih dianggap kurang melatih kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis aplikasi android untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang layak digunakan. Aplikasi dikembangkan menggunakan bantuan perangkat lunak articulate storyline 3 yang memuat materi bangun ruang sisi datar untuk jenjang SMP/MTs. Model penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Tahap ADDIE meliputi Analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan tes soal pada materi bangun ruang sisi datar. Kriteria kelayakan kualitas aplikasi ini yaitu dengan mendapat kategori minimal baik dari hasil validitas ahli media dan materi, mendapat kategori minimal praktis untuk kepraktisan penggunaan dan mendapatkan persentase kelulusan siswa minimal sebesar 61% untuk keefektifan aplikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi pembelajaran bernama Geodex yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Aplikasi ini telah melewati penilaian validasi terkait materi dan media, uji kepraktisan penggunaan, dan uji keefektifan aplikasi. Hasil dari penilaian ahli materi mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,5 dengan kategori baik dan hasil penilaian ahli media memeroleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,95 dengan kategori baik. Hasil kepraktisan penggunaan berdasarkan penilaian dari guru mendapatkan persentase skor sebesar 94% dengan kategori sangat praktis dan hasil penilaian kepraktisan penggunaan dari siswa memeroleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan didapatkan bahwa 20 siswa atau 65% lulus KKTP. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan terkait validitas materi dan media, kepraktisan penggunaan, dan keefektifan aplikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Raekha Azka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Aplikasi Android, Kemampuan Berpikir Kreatif, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Sep 2025 10:21
Last Modified: 10 Sep 2025 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum