DAWAM, AINURROFIQ (2009) AL-TARBIYYAH AL-ISLAMIYYAH WA NAHDAT AL-UMMAH. Al Jamiah, Vol.43 (No.1). ISSN 2338-557X
|
Text (AL-TARBIYYAH AL-ISLAMIYYAH WA NAHDAT AL-UMMAH)
Ainurrofiq Dawam.pdf - Published Version Download (333kB) | Preview |
Abstract
Model pembangunan dan pengembangan budaya di Barat telah menjadi icon sebagian besar negara-negara di dunia, termasuk negara dunia ketiga. Negara dunia ketiga yang sebagian besar berpenduduk Muslim tidak bisa melepaskan diri dari arus utama model pembangunan tersebut. Salah satu hal yang paling mencolok adalah model pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mau tidak mau negara-negara Islam harus menerima semua itu. Hanya saja bagi ahli pendidikan Islam tidak semua model pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diambil dengan serta merta. Di sini perlu adanya filtering untuk disesuaikan dengan nilai-nilai dan ajaran Islam. Oleh karena itu, sebagai solusi yang lebih bijaksana adalah mengembangkan model pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi yang benar-benar dijiwai nilai-nilai dan ajaran Islam. Itu semua harus dimulai dari bangunan dasar yang berupa kesadaran seluruh umat Islam untuk bangkit, khususnya dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi. Sarana yang paling strategis untuk menumbuhkan kesadaran tersebut adalah melalui pendidikan yang berkualitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Western model, third world, qualified education |
Subjects: | Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah |
Divisions: | Jurnal > 4. Al Jami’ah |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 18 Mar 2013 21:47 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 10:13 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/727 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |