EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEMANFAATKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IX MTs NEGERI KEDU TEMANGGUNG

MUHAMMAD ARIF MASDUQI , NIM. 08600011 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEMANFAATKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IX MTs NEGERI KEDU TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEMANFAATKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IX MTs NEGERI KEDU TEMANGGUNG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEMANFAATKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IX MTs NEGERI KEDU TEMANGGUNG)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan memanfaatkan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IX MTs Negeri Kedu Temanggung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Posttest only control group design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas adalah pembelajaran model Realistic Mathematics Education (RME) dengan memanfaatkan lembar kerja siswa (LKS) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX sebanyak 180 siswa yang terbagi dalam 5 kelas pada tahun ajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara accidental sampling. Diperoleh kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pemberian posttest untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan memanfaatkan lembar kerja siswa (LKS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 58,29 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 41,33. Seperti halnya perhitungan uji t dua sampel independen 1 sisi, diperoleh bahwa Ho ditolak, artinya bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen (Kelas IX B) lebih tinggi dari kelas kontrol (Kelas IX C). Kata kunci : Realistic Mathematics Education, lembar kerja siswa, kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2013 16:10
Last Modified: 25 Jan 2016 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum