PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE

Eva Khusnul Aqibah, NIM.: 21104040026 (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE)
21104040026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE)
21104040026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Berbasis Problem based learning (PBL) dengan Konteks Permainan Tradisional Yogyakarta untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Self confidence pada materi peluang yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika sebagai validator LKPD, dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika sebagai validator instrumen, serta 2 kelompok siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Sleman sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) LKPD dinyatakan valid berdasarkan skor rata-rata niali V 0,769 dengan kateogori sedang. 2) LKPD dinyatakan praktis dengan persentase 81,42% yang disertai persentase rata-rata hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,93% serta persentase rata-rata hasil observasi aktivitas siswa sebesar 95,62%. 3) LKPD dinyatakan efektif berdasarkan hasil post-test kemampuan berpikir kritis dan skala self confidence. Berdasarkan uji hipotesis bahwa terdapat perbedaan rata – rata kemampuan berpikir kritis dan self confidence kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dimana hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 85,2 dan kelas kontrol sebesar 79,13, sedangkan rata-rata skor self confidence pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 63,37 dan 58,83

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Wed Giyarti, M.Si dan Sumbaji Putranto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis, Self Confidence
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Sep 2025 14:21
Last Modified: 10 Sep 2025 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum