PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D

Adinda Esa Tinaka, NIM.: 21104040031 (2025) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D)
21104040031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D)
21104040031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model guided discovery learning berbantuan GeoGebra untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik fase D yang layak digunakan. Penggunaan bahan,ajar yang tidak interaktif dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika masih menjadi kendala dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Materi bangun ruang sisi datar, yang menuntut kemampuan visualisasi dan berpikir abstrak, membutuhkan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik terlibat aktif dalam proses menemukan konsep. Oleh karena itu, pengembangan LKPD dengan model guided discovery learning berbantuan GeoGebra menjadi solusi yang potensial untuk mendukung pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi tahap analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E tahun ajaran 2024/2025 di MTs Negeri 9 Bantul dan pendidik matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pedoman wawancara, lembar validasi LKPD oleh ahli, angket respon peserta didik, angket respon pendidik, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif untuk menilai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli dengan perolehan skor sebesar 162 dengan اkriteria ا“sangat اbaik”. اLKPD juga dinyatakan praktis, ditinjau dari penilaian pendidik اsebesar ا% 93 ا dengan اkategori ا“sangat praktis” اdan اpeserta didik sebesar ا% 76 dengan اkategori ا“praktis”. اSelain اitu, اLKPD اdinyatakan اefektif اberdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep yang menunjukkan bahwa 94% peserta didik mencapai nilai di atas atau sama dengan KKTP, dan penilaian tiap indikator pemahaman konsep termasuk ke dalam kategori ا “tinggi”, ا sehingga ا memenuhi ا kriteria keefektifan dan dinyatakan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan di atas, LKPD dengan model guided discovery learning berbantuan GeoGebra ini telah memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik fase D pada materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Suparni, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: LKPD, Guided Discovery Learning, Geogebra, Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Sep 2025 14:18
Last Modified: 10 Sep 2025 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72704

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum