PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D

Iflatul Mus’Ifah, NIM.: 21104040054 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D)
21104040054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D)
21104040054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 dengan pendekatan kontekstual pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik fase D yang memenuhi kriteria kelayakan valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan PPE (Planning, Production, Evaluation). Subjek uji coba produk untuk penilaian media pembelajaran interaktif ini terdiri dari tiga validator ahli materi dan ahli media, dua pendidik matematika, dan peserta didik kelas VIII MTs Negeri 3 Sleman tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon pendidik, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 dengan pendekatan kontekstual yang memuat materi, kuis, dan evaluasi berbasis konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. Penyajian materi diawali dengan narasi kontekstual, diikuti dengan kuis interaktif, diskusi, refleksi dan evaluasi. Media pembelajaran interaktif telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Valid berdasarkan penilaian dari para ahli materi dan ahli media yang menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 87,67 dan 83. Praktis berdasarkan perhitungan angket oleh pendidik dan peserta didik dengan perolehan rata-rata skor sebesar 63 dan 44,78. Selain itu, ketuntasan hasil post-test kemampuan pemahaman konsep peserta didik mencapai 88% sehingga Media Pembelajaran Interaktif dinyatakan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 dengan pendekatan kontekstual pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik fase D telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pemebelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Suparni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline 3, Kemampuan Pemahaman Konsep, Media Pembelajaran Interaktif, Pendekatan Kontestual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Sep 2025 14:13
Last Modified: 10 Sep 2025 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum