PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOL

Aysa Khoirul Nisa, NIM.: 21104080038 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOL)
21104080038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOL)
21104080038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penggunan model pembelajaran yang kurang variatif berdampak negatif terhadap keaktifan belajar siswa. Tujuan pelaksanaan penelitian dengan model Problem Based Learning untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dari pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Grogol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dengan bentuk desain Non-Equivalent control group desain. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SDN Grogol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni kelas dengan cluster sampling, dimana kelas yang dipilih yakni kelas VA yang berjumlah 23 siswa dan kelas VB yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket keaktifan belajar, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, dan lembar observasi keaktifan belajar. Data diuji menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data yang diperoleh data berdistribusi normal sehingga dilakukan uji hipotesis parametrik menggunakan uji Independent t Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah rata- rata posttest lebih tinggi darpada pretest . Nilai rata- rata posttest yakni sebesar 86,73 sedangkan nilai ratarata pretest sebesar 78,34. Sedangkan uji parametrik dengan uji Independent t Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000. Nilai tersebut < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas V SDN Grogol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Luluk Mauluah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Matematika, Model Problem Based Learning, Sekolah Dasar, Quasi Experimental
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:24
Last Modified: 11 Sep 2025 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72711

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum