Hafidh Ihsanuddin, NIM.: 21104080046 (2025) INTEGRASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DI MI MA’ARIF BEGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (INTEGRASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DI MI MA’ARIF BEGO)
21104080046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (INTEGRASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DI MI MA’ARIF BEGO)
21104080046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan lingkungan yang bersumber dari rendahnya kesadaran masyarakat, yang dapat diatasi melalui pendidikan lingkungan sejak dini. Program Adiwiyata menjadi salah satu upaya strategis pemerintah untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Meskipun telah banyak diterapkan, masih terbatas penelitian yang mengkaji secara mendalam bagaimana proses integrasi program Adiwiyata ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di tingkat madrasah ibtidaiyah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Adiwiyata, menganalisis integrasi materi berbasis lingkungan ke dalam mata pelajaran, serta mengidentifikasi strategi dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di MI Ma'arif Bego. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan informan kunci yang terdiri dari Kepala Madrasah, Koordinator Program Adiwiyata yang juga merupakan guru kelas IV, serta siswa kelas IV MI Ma'arif Bego untuk mendapatkan perspektif yang beragam. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program Adiwiyata di MI Ma'arif Bego didasari oleh kesadaran internal sekolah dan melibatkan seluruh elemen madrasah secara partisipatif, namun menghadapi tantangan dalam konsistensi pelaksanaan dan keterbatasan sarana. (2) Integrasi materi lingkungan dilakukan secara holistik dan lintas disiplin, tidak hanya pada mata pelajaran umum seperti IPAS dan Bahasa Indonesia, tetapi juga pada mata pelajaran agama seperti Akidah Akhlak, yang diperkuat melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka. (3) Guru telah menerapkan beragam strategi dan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti pembelajaran berbasis masalah dan proyek, meskipun persepsi siswa menunjukkan metode ceramah masih dominan dan efektivitasnya terkadang terhambat oleh sarana yang belum memadai.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | M. Saidul Muzakki, S.Pd.I., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Integrasi, Program Adiwiyata, Pembelajaran Berbasis Lingkungan |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 08:24 |
| Last Modified: | 11 Sep 2025 08:24 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72712 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
