PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI BERBASIS AUDIO VISUAL TASISWAN (TABUNG METAMORFOSIS HEWAN) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Febdha Trisna Murti, NIM.: 21104080048 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI BERBASIS AUDIO VISUAL TASISWAN (TABUNG METAMORFOSIS HEWAN) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI BERBASIS AUDIO VISUAL TASISWAN (TABUNG METAMORFOSIS HEWAN) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR)
21104080048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI BERBASIS AUDIO VISUAL TASISWAN (TABUNG METAMORFOSIS HEWAN) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR)
21104080048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan yang ada di SD Muhammadiyah Tamanagung Muntilan yang memiliki media pembelajaran yang masih sederhana dan terbatas pada gambar, poster, dan presentasi. Hal ini menyebabkan kurangnya kreativitas dan inovasi guru dan peserta didik dalam penggunaan media pembelajaran. Akibatnya peserta didik kurang termotivasi dan hasil belajarnya menurun. Salah satu materi yang masih abstrak dan memerlukan bantuan media pembelajaran adalah materi metamorfosis. Oleh karena itu perlu `dikembangkan media pembelajaran TASISWAN 3 Dimensi berbasis audio visual pada pembelajaran IPAS di SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui kebutuhan pengembangan media pembelajaran TASISWAN 3 dimensi berbasis audio visual pada materi metamorfosis hewan, sebagai alternatif media yang dapat mendukung pemahaman siswa di SD Muhammadiyah Tamanagung Muntilan. 2) Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran TASISWAN 3 dimensi berbasis audio visual pada materi metamorfosis hewan berdasarkan penilaian validator, untuk memastikan kualitas dan efektivitas produk dalam proses pembelajaran. 3) Mengetahui respons calon pengguna dan praktisi terhadap media pembelajaran TASISWAN 3 dimensi berbasis audio visual pada materi metamorfosis hewan, guna menilai tingkat penerimaan dan kegunaan produk dalam praktik pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Four-D yang dipopulerkan oleh Thiagarajan. Model ini meliputi empat tahapan yaitu, tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Lokasi penelitian di SD Muhammadiyah Tamanagung Muntilan dengan jumlah 3 praktisi dan 25 peserta didik kelas IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, dan angket untuk penilaian ahli media, ahli materi, praktisi, dan uji respons peserta didik. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa 1) Media pembelajaran TASISWAN 3 dimensi berbasis audio visual telah berhasil dikembangkan. 2) Produk media pembelajaran TASISWAN 3 dimensi berbasis audio visual telah dinilai sangat baik oleh validator ahli media, ahli materi, dan praktisi. 3) Hasil uji respons peserta didik di SD Muhammadiyah Tamanagung menunjukkan bahwa media pembelajaran TASISWAN 3 Dimensi berbasis audio visual mendapatkan respons yang sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nisa Syuhda, S. S., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran TASISWAN 3 Dimensi Berbasis Audio Visual, Pembelajaran IPAS, Metamorfosis Hewan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:24
Last Modified: 11 Sep 2025 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum