KURIKULUM DAN METODE MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENERAPAN METODENYA)

Nadia Isfandiari, NIM.: 91411823 (1997) KURIKULUM DAN METODE MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENERAPAN METODENYA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM DAN METODE MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENERAPAN METODENYA))
91411823_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM DAN METODE MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENERAPAN METODENYA))
91411823_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan agama Islam memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan kepribadian anak sejak usia dini. Skripsi ini mengkaji implementasi kurikulum dan metode mengajar Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-kanak Aisyiah Bustanul Athfal Perumnas Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kurikulum dan metode pengajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan Islam, khususnya di tingkat pra-sekolah, dan peran kedua komponen ini dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum Pendidikan Agama Islam yang diterapkan, menganalisis metode pengajaran yang digunakan, dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis keadaan dan data yang diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, staf, guru, dan anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum dan metode mengajar yang diterapkan telah memenuhi syarat dan relevan dengan dasar-dasar pengembangan kurikulum. Implementasinya mencakup aspek-aspek seperti pengenalan Al-Qur'an dan hadits, aspek aqidah, akhlak, serta pengenalan hari-hari besar Islam. Berbagai metode mengajar, seperti metode hiwar (percakapan), amsal (perumpamaan), dan teladan, juga diterapkan untuk memudahkan pemahaman anak. Ditemukan pula bahwa pelaksanaan kurikulum dan metode ini didukung oleh motivasi dari guru dan keterlibatan orang tua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Mangun Budiyanto - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Kurikulum, Metode Mengajar, Taman Kanak-kanak
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 15 Sep 2025 15:05
Last Modified: 15 Sep 2025 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72731

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum