SISTEM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN KULIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA

Sulistiani, NIM.: 91411749 (1997) SISTEM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN KULIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN KULIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA)
91411749_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy
[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN KULIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA)
91411749_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang sistem pendidikan dan pengajaran di KULLIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH, Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Surakarta. Latar belakangnya adalah adanya tantangan dari arus kebudayaan Barat dan pandangan bahwa pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang dapat menjadi alternatif terbaik untuk membentuk dan melestarikan fitrah manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pendidikan dan pengajaran yang diterapkan, faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, serta hasil yang dicapai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif non-statistik dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh staf pengajar dan guru di KULLIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan telah memenuhi syarat dan relevan dengan dasar-dasar pengembangan kurikulum. Pelaksanaan sistem pendidikan dan pengajaran ini mencakup tujuan pendidikan dan pengajaran, faktor pendidik, peserta didik, kurikulum, metode pengajaran, media pendidikan, dan sistem evaluasi. Faktor pendukung dan penghambat juga turut memengaruhi pelaksanaan pendidikan di pesantren tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem pendidikan dan pengajaran di KULLIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH telah berjalan dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Maragustam S, MA - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendidikan, Pengajaran, Kuliyyatul Mu'allimat, Pondok Pesantren
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 15 Sep 2025 15:06
Last Modified: 15 Sep 2025 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum