Dea Agta Syarafina, NIM.: 23204021004 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ALMO DENGAN PENDEKATAN INTEGRATIF DI KELAS VIII SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ALMO DENGAN PENDEKATAN INTEGRATIF DI KELAS VIII SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN)
23204021004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ALMO DENGAN PENDEKATAN INTEGRATIF DI KELAS VIII SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN)
23204021004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini muncul dari kendala yang dihadapi siswa dalam memahami materi bahasa Arab yang dianggap membosankan dan terlalu abstrak, sehingga mengakibatkan kurangnya efektivitas dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab ALMO dengan pendekatan integratif yang menyajikan materi secara menarik dan mudah dipahami siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Diponegoro Depok Sleman. Data dikumpulkan melalui beberapa teknik, yaitu tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan beberapa jenis uji statistik, antara lain uji validitas, uji normalitas, uji Paired Sample T-Test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab ALMO dinyatakan “Sangat Layak” berdasarkan validasi dari para ahli, dengan persentase penilaian sebesar 86% dari ahli media, 90% dari ahli materi, dan 92% dari guru mata pelajaran. Selain itu, respon siswa terhadap media ini sangat positif dengan skor 96%. Media ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh kenaikan skor dari 61% (pre-test) menjadi 76% (post-test). Uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. 0,001, yang menunjukkan perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media ALMO. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini efektif dalam menunjang pemahaman siswa terhadap materi bahasa Arab di SMP Diponegoro Depok Sleman.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Nasiruddin, M.S.I., M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Bahasa Arab, ALMO, Pendekatan Integratif |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 13:47 |
| Last Modified: | 11 Sep 2025 13:47 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72757 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
