Nila Erdiani, NIM.: 21200011072 (2025) PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK DAN REGULASI EMOSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK DAN REGULASI EMOSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA)
21200011072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (20MB) | Preview |
|
|
Text (PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK DAN REGULASI EMOSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA)
21200011072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengeksplorasi sejauh mana kontribusi pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan regulasi emosi terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa SMP Negeri di Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, baik secara parsial maupun simultan. Latar belakang penelitian mencakup rendahnya capaian hasil belajar Bahasa Inggris siswa serta terbatasnya penerapan integrasi pendekatan pedagogis dan psikologis dalam praktik pembelajaran. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis utama berupa regresi linier berganda. Sampel penelitian melibatkan 132 siswa yang ditetapkan melalui metode purposive sampling sesuai dengan rekomendasi dari pihak sekolah. Instrumen penelitian telah melalui pengujian validitas dan reliabilitas. Data kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran berbasis TPACK memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa (B = 0,083; p = 0,003); (2) regulasi emosi juga memberikan pengaruh positif dan signifikan (B = 0,435; p = 0,000); serta (3) kedua variabel secara bersamaan memberikan kontribusi signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris dengan nilai koefisien determinasi (R²) yang diperoleh sebesar 0,235 atau setara dengan 23,5%. Angka ini mengindikasikan bahwa kontribusi variabel bebas dalam menjelaskan variasi hasil belajar mencapai 23,5% berarti bahwa penerapan pembelajaran inovatif yang dipadukan dengan kemampuan siswa dalam mengelola emosi berdampak nyata pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TPACK dan regulasi emosi merupakan dua faktor penting yang saling mendukung dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pelatihan guru yang komprehensif terkait penerapan TPACK, serta program penguatan regulasi emosi siswa melalui aktivitas refleksi, layanan konseling, dan pembelajaran sosial-emosional, perlu dikembangkan lebih lanjut. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi guru, pemangku kebijakan, serta membuka peluang penelitian lanjutan untuk merancang penelitian lanjutan membangun pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih adaptif dan sesuai kesiapan psikologis siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. Aziz Muslim, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | TPACK, Regulasi Emosi, Hasil Belajar, Bahasa Inggris |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 12 Sep 2025 10:17 |
| Last Modified: | 12 Sep 2025 10:17 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72799 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
