Destri Fitriana, NIM.: 21104030071 (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI STEAM DENGAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI PAUD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI STEAM DENGAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI PAUD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
21104030071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI STEAM DENGAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI PAUD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
21104030071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor internal yang berasal dari karakter peserta didik dan juga guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun yang terjadi dilapangan terdapat masalah terhadap manajemen pembelajaran yang terintegrasi STEAM dengan nilai islam. Sehingga, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran terintegrasi STEAM (science, technologhy, engineering, arts, dan mathematics) dengan nilai-nilai ke-Islaman pada era society 5.0 di lembaga PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini di salah satu lembaga PAUD Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancar semi tersturktur, observasi, dan studi dokumentasi. Fokus penelitian ini mencakup manajerial pembelajaran yang terkait perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran yang memadukan konsep STEAM dengan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan spiritualitas dalam keseharian anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang sistematis dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dengan adanya strategi integratif ini tidak hanya memperkuat kemampuan kognitif dan keterampilan abad 21 pada anak, namun juga membentuk karakter Islam yang kuat sejak dini. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran PAUD yang relevan dengan tuntutan zaman sekaligus menjaga identitas keislaman dalam pendidikan. Kata kunci : Manajemen Pembelajaran, STEAM, PAUD, Nilai ke-Islaman, Society 5.0
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Bahtiar Arbi, S.Pd., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, STEAM, PAUD, Nilai ke-Islaman, Society 5.0 |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 12 Sep 2025 13:53 |
| Last Modified: | 12 Sep 2025 13:53 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72805 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
