PELAKSANAAN KURIKULUM PENDlDIKAN MADRASAH DAN PENGEMBANGANNYA DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN MAGELANG

Muhammad Hasbi, NIM.: 89410741 (1994) PELAKSANAAN KURIKULUM PENDlDIKAN MADRASAH DAN PENGEMBANGANNYA DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KURIKULUM PENDlDIKAN MADRASAH DAN PENGEMBANGANNYA DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN MAGELANG)
89410741_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KURIKULUM PENDlDIKAN MADRASAH DAN PENGEMBANGANNYA DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN MAGELANG)
89410741_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kurikulum dalam lembaga pendidikan Islam, khususnya pesantren yang menggabungkan sistem pendidikan tradisional dengan pendidikan madrasah. Pesantren Islam Al Iman Muntilan Magelang merupakan salah satu pesantren yang menerapkan integrasi kurikulum agama dan umum, sehingga menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum pendidikan madrasah, pengembangannya, serta faktor pendukung dan penghambat di Pesantren Islam Al Iman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif-analitis untuk menggambarkan pelaksanaan kurikulum secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan madrasah di Pesantren Islam Al Iman dilaksanakan dengan memadukan kurikulum Departemen Agama dan kurikulum pesantren. Program pendidikan meliputi intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, yang bertujuan membentuk santri beriman, berilmu, dan mandiri. Pengembangan kurikulum dilakukan melalui penyesuaian materi, peningkatan kualitas tenaga pendidik, serta penyediaan sarana prasarana. Faktor pendukung pelaksanaan kurikulum adalah komitmen pimpinan pesantren, semangat belajar santri, dan dukungan masyarakat, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan fasilitas, kondisi fisik asrama, serta masih adanya guru yang kurang profesional. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pelaksanaan kurikulum pendidikan madrasah di Pesantren Islam Al Iman cukup efektif dalam mengintegrasikan ilmu agama dan umum, meskipun masih memerlukan pengembangan pada aspek fasilitas dan kualitas tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Muallif Syahlani - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: kurikulum madrasah, pesantren, pendidikan Islam, pengembangan kurikulum, Pesantren Al Iman
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 12 Sep 2025 11:38
Last Modified: 12 Sep 2025 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum