STUDI PROBLEMATIKA PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA ARAB BAGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TEGALARUM KUNDEN KARANGANOM KLATEN

Muh Miftah, NIM.: 89420368 (1995) STUDI PROBLEMATIKA PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA ARAB BAGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TEGALARUM KUNDEN KARANGANOM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PROBLEMATIKA PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA ARAB BAGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TEGALARUM KUNDEN KARANGANOM KLATEN)
89420868_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (STUDI PROBLEMATIKA PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA ARAB BAGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TEGALARUM KUNDEN KARANGANOM KLATEN)
89420868_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji problematika penyusunan kalimat bahasa Arab yang dihadapi oleh siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tegalorum, Kuden, Karanganom, Klaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kendala yang muncul dalam proses pembelajaran dan praktik penyusunan kalimat bahasa Arab, baik dari sisi siswa maupun dari sisi metode pengajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi terhadap kegiatan belajar mengajar, wawancara mendalam dengan guru bahasa Arab dan beberapa siswa, serta analisis dokumen terkait silabus dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama dalam penyusunan kalimat bahasa Arab di MTsN Tegalorum meliputi kesulitan dalam penguasaan tata bahasa (nahwu dan sharaf), keterbatasan kosakata (mufradat), kurangnya latihan praktik (tadbîq), serta pengaruh metode pengajaran yang terkadang kurang variatif. Selain itu, faktor motivasi siswa dan sarana pendukung pembelajaran juga turut berkontribusi terhadap munculnya problematika ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penyusunan kalimat bahasa Arab bagi siswa MTsN Tegalorum terhambat oleh kombinasi faktor internal siswa dan faktor eksternal terkait proses pembelajaran. Diperlukan upaya perbaikan metode pengajaran, peningkatan latihan praktik, dan penguatan motivasi belajar siswa agar kemampuan penyusunan kalimat bahasa Arab dapat meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs H Busyairi Madjidi - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: Problematika, Kalimat Bahasa Arab, Siswa MTsN, Tata Bahasa Arab, Metode Pengajaran.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 12 Sep 2025 15:27
Last Modified: 12 Sep 2025 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72855

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum