PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS MOODLE SEBAGAI DAYA DUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

Nopita Setiawati , NIM. 08690025 (2012) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS MOODLE SEBAGAI DAYA DUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS MOODLE SEBAGAI DAYA DUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS MOODLE SEBAGAI DAYA DUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan e-learning memiliki keterbatasan karena tidak semua peserta didik memiliki perangkat komputer untuk dapat mengakses materi. Seiring perkembangan teknologi telekomunikasi dan perangkat handphone, diharapkan pengembangan mobile learning dapat memberikan solusi dalam keterbatasan e-learning karena hampir seluruh peserta didik memiliki handphone. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan mobile learning pada materi pokok fluida statis untuk peserta didik SMA; 2) mengetahui kualitas mobile learning berbasis moodle menurut ahli media, ahli materi dan guru Fisika SMA; 3) mengetahui respon peserta didik terhadap mobile learning yang telah dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model prosedural. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Brog dan Gall yang dapat dilakukan dengan melibatkan 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis kebutuhan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) uji coba skala besar dan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan lembar angket kualitas mobile learning berbasis moodle yang terdiri dari aspek teknis, aspek isi dan aspek desain. Data kualitas yang diperoleh diubah kedalam deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa: 1) Mobile learning menggunakan software moodle berisi materi fluida statis untuk peserta didik SMA yang dapat diakses secara online melalui handphone; 2) Kualitas mobile learning secara keseluruhan yang telah dikembangkan adalah Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian ahli media 90,62%, ahli materi 80,55% dan guru fisika 90,83% dari skor ideal; 3) Respon peserta didik secara keseluruhan pada uji coba lapangan skala kecil adalah Setuju (S) 71,05%, sedangkan respon peserta didik pada uji coba lapangan skala besar adalah Sangat Setuju (SS) 76,01% dari skor ideal. Ini menunjukkan bahwa mobile learning yang dikembangkan dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran fisika. Kata kunci: e-learning, mobile learning, moodle, fluida statis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2013 17:58
Last Modified: 19 Oct 2021 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum