MANAJEMEN STRATEGIK PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUN NUHAT LAMONGAN

Hengki Setiawansah, NIM.: 18102949921 (2025) MANAJEMEN STRATEGIK PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUN NUHAT LAMONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGIK PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUN NUHAT LAMONGAN)
18102040021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGIK PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUN NUHAT LAMONGAN)
18102040021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adanya penelitian ini dilatarbelakangi bentuk perkembangan pondok pesantren Darun Nuhat yang semakin berkembang pesat terutama dalam perkembangan mutu pendidikan santri yang ada di pondok pesantren tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti dalam aspek manajemen strategik yang ada di pondok pesantren tersebut guna untuk mengetahui proses-proses manajemen strategik yang diimplementasikan oleh pondok pesantren Darun Nuhat Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen strategik di Pondok Pesantren Darun Nuhat Lamongan dalam meningkatkan mutu pendidikan santri. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya berfokus pada penguasaan ilmu agama, tetapi juga pembentukan karakter dan keterampilan hidup santri. Moto pendidikan yang diusung menjadi pedoman nilai dan arah pengembangan kurikulum. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategik di pondok pesantren ini dilaksanakan melalui tiga tahap utama: (1) perencanaan yang menitikberatkan pada keselarasan visi, misi, dan moto pendidikan; (2) pengimplementasikan manajemen strategik dari hasil visi dan misi yang tepat sasaran; (3) evaluasi berkala khususnya tenaga pendidik untuk memastikan ketercapaian tujuan pendidikan. Strategi ini berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kesadaran santri terhadap nilai-nilai moto pendidikan, memperkuat motivasi belajar, dan mendorong kemandirian. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara pengelola, tenaga pendidik, dan santri untuk memaksimalkan efektivitas manajemen strategik dalam membentuk mutu pendidikan santri yang unggul secara intelektual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: manajemen strategik; pondok pesantren; moto pendidikan santri
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Sep 2025 09:00
Last Modified: 17 Sep 2025 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72862

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum