PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN MEMLETICS MELALUI HEART AND MIND LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN MEANINGFULL LEARNING PADA SISWA SMA N 1 NGLUWAR

SITA ARIFAH, NIM. 08690058 (2012) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN MEMLETICS MELALUI HEART AND MIND LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN MEANINGFULL LEARNING PADA SISWA SMA N 1 NGLUWAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN MEMLETICS MELALUI HEART AND MIND LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN MEANINGFULL LEARNING PADA SISWA SMA N 1 NGLUWAR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN MEMLETICS MELALUI HEART AND MIND LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN MEANINGFULL LEARNING PADA SISWA SMA N 1 NGLUWAR)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa serta menyusun sintaks pembelajaran sesuai dengan gaya belajar yang muncul. Adanya sintaks tersebut diharapkan dapat membantu mewujudkan pembelajaran yang bermakna selama proses pembelajaran berlangsung. Sintaks pembelajaran fisika dengan pendekatan memletics melalui heart and mind learning ini berdasarkan hasil identifikasi gaya belajar siswa, konsultasi atau diskusi dengan ahli strategi pendidikan yang kompeten. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instruksional dengan model Instructional Development Institute (IDI). Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan non tes. Data yang diperoleh dari tes yaitu berupa post test di akhir materi pembelajaran sedangkan data non tes diperoleh dari hasil wawancara guru, observasi pembelajaran, dan angket siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan semua data yang diperoleh melalui instrumen-instrumen yang digunakan. Berdasarkan hasil identifikasi gaya belajar, diperoleh gaya belajar yang dominan yaitu gaya belajar sosial. Sintaks pembelajaran yang digunakan adalah sintaks pembelajaran fisika dengan pendekatan memletics melalui heart and mind learning yang disusun berdasarkan gaya belajar sosial. Berdasarkan analisis hasil lembar observasi diperoleh persentase keterlaksanaan aspek-aspek pembelajaran bermakna. Keterlaksanaan berbagai aspek tersebut yaitu aspek sikap sebesar 60%, aspek minat sebesar 60%, aspek topik materi sebesar 60%, aspek metode pembelajaran sebesar 53,34%, aspek kerjasama sebesar 60%, aspek media pembelajaran sebesar 66,67%, dan aspek penilain perilaku sebesar 40%. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil kognitif siswa yaitu 76,19 % nilai fisika dari 21 siswa telah tuntas dari KKM yang telah ditentukan yaitu 72. Kata kunci : Sintaks, Memletics, Pembelajaran Bermakna, Heart and Mind Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 19 Apr 2013 20:59
Last Modified: 08 Dec 2016 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum