IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN (P5RA) DALAM MEMBENTUK INTEGRITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 9 BANTUL

Viva Fadma Onilivia, NIM.: 23204011066 (2025) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN (P5RA) DALAM MEMBENTUK INTEGRITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 9 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN (P5RA) DALAM MEMBENTUK INTEGRITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 9 BANTUL)
23204011066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN (P5RA) DALAM MEMBENTUK INTEGRITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 9 BANTUL)
23204011066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Karakter siswa saat ini menjadi isu penting dalam pendidikan, khususnya di tengah tantangan era digital di lingkungan sosial maupun pendidikan. MTsN 9 Bantul sebagai madrasah riset dan piloting zona integritas wilayah bebas korupsi menyoroti pentingnya pembentukan integritas siswa melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin (P5RA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi P5RA dalam pembentukan integritas siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak, mengidentifikasi problematika pelaksanaannya, dan menganalisis hasil pembentukan integritas siswa khususnya pada kelas VIII-E. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, berlokasi di MTsN 9 Bantul. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru akidah akhlak, guru fasilitator P5RA, dan siswa kelas VIII-E, serta didukung oleh dokumen-dokumen terkait P5RA dan madrasah. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi observasi partisipatif untuk mengamati langsung kegiatan P5RA, wawancara mendalam untuk menggali informasi dari informan kunci, serta studi dokumentasi untuk melengkapi data tertulis. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P5RA telah diimplementasikan secara sistematis dan relevan mencakup perencanaan matang, pelaksanaan berbasis proyek dengan integrasi nilai akidah akhlak, dan evaluasi kolaboratif. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti variasi pemahaman guru dan motivasi siswa, akan tetapi secara umum P5RA telah dapat membentuk nilai-nilai integritas. Dalam aspek kejujuran, siswa menunjukkan peningkatan perilaku jujur dalam mengerjakan tugas, keterbukaan menyampaikan pendapat (termasuk protes), dan frekuensi kejujuran yang lebih konsisten. Dalam aspek tanggung jawab dalam diri siswa telah terbentuk kesadaran mandiri dalam menyelesaikan tugas, dan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok. Dalam kedisiplinan siswa telah terbentuk dalam mengikuti aturan proyek yang berlangsung. Meskipun masih ada sedikit siswa yang kurang aktif, mayoritas telah menunjukkan perkembangan positif. P5RA berhasil membentuk siswa untuk mempraktikkan integritas secara konkret, menjadikan program ini penting dalam pribadi siswa berprofil Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Kata Kunci: P5RA, Karakter Integritas, Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Nur Saidah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: P5RA, Karakter Integritas, Akidah Akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 15 Sep 2025 14:51
Last Modified: 15 Sep 2025 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum