PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KORELASINYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO

Solekhun, NIM.: 04863121 (1996) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KORELASINYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KORELASINYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO)
04863121_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KORELASINYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO)
04863121_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta korelasinya dengan prestasi belajar PAI di SMPN Watumalang Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dipakai untuk mendeskripsikan hasil penelitian secara naratif, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data berupa angka melalui perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMPN Watumalang dilaksanakan sesuai kurikulum dengan tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi. Persepsi siswa terhadap mata pelajaran PAI sebagian besar berada pada kategori cukup baik (34,44%), diikuti kategori baik (31,11%), kurang baik (25,55%), baik sekali (5,55%), dan sangat tidak baik (3,33%). Sementara itu, prestasi belajar PAI siswa menunjukkan kategori baik sebesar 43,33% dan kategori cukup sebesar 56,67%. Analisis statistik membuktikan adanya korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa dengan prestasi belajar PAI, dengan nilai phi (φ) = 0,485 yang lebih tinggi dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,205) maupun 1% (0,267). Dengan demikian, semakin baik persepsi siswa terhadap Pendidikan Agama Islam, semakin baik pula prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Abdul Shomad, M.A - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, Pendidikan Agama Islam, prestasi belajar
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Sep 2025 11:35
Last Modified: 17 Sep 2025 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum