PENGARUH PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI MTs N MAGUWOHARJO

NUR WAHIDAH , NIM. 08680029 (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI MTs N MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI MTs N MAGUWOHARJO )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI MTs N MAGUWOHARJO )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan pembelajaran dengan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap minat belajar IPA biologi siswa kelas VIII MTs N Maguwoharjo 2012/2013 materi pokok sistem pencernaan pada manusia dan (2) pengaruh penerapan pembelajaran dengan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII MTs N Maguwoharjo 2012/2013 materi pokok sistem pencernaan pada manusia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian pre-test post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII MTs N Maguwoharjo yang terdiri dari 4 kelas dan diambil sampel 2 kelas secara random, yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan soal pre-test, post-test, dan angket minat siswa. Validasi instrumen yang digunakan yaitu validasi isi, logis dan empiris. Analisis data menggunakan uji t-test untuk data hasil belajar dan uji Mann Whitney-U untuk data minat belajar. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif penerapan pembelajaran dengan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap minat belajar IPA Biologi siswa, dengan hasil pengujian memperoleh nilai statistik Mann Whitney–U sebesar 274 (< 965,018) dengan p-value sebesar 0,010 (< 0,05). (2) Terdapat pengaruh positif penerapan pembelajaran dengan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa, dengan pengujian hasil post-test memperoleh nilai t hitung sebesar -4,643 (< -2,002) dengan p-value (sig.) 0,000 (< 0,05). Kata Kunci: Metode Numbered Head Together (NHT), Minat Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 16:11
Last Modified: 03 Mar 2016 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum