Muchtar Firdaus Bahtiar, NIM.: 21204022010 (2025) IMERSI BAHASA ARAB PADA PROGRAM KELAS INTERNASIONAL MAHASISWA PRODI PBA S1 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMERSI BAHASA ARAB PADA PROGRAM KELAS INTERNASIONAL MAHASISWA PRODI PBA S1 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21204022010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (IMERSI BAHASA ARAB PADA PROGRAM KELAS INTERNASIONAL MAHASISWA PRODI PBA S1 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21204022010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemahiran berbahasa Arab menjadi kompetensi utama yang wajib dimiliki mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), utamanya dalam konteks globalisasi dan peningkatan mutu lulusan. Salah satu upaya yang ditempuh adalah penerapan program imersi bahasa Arab dalam kelas internasional prodi PBA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses imersi bahasa Arab yang diterapkan, faktor pendukung dan penghambat, dan efektivitasnya dalam meningkatkan kemahiran berbahasa Arab mahasiswa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap Mahasiswa PBA, Dosen Kelas Internasional dan Pengelola kebijakan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa program imersi yang diterapkan adalah mengadopsi model imersi total dan parsial. Imersi total diterapkan pada mata kuliah berbasis keterampilan dan imersi parsial diterapkan pada mata kuliah berbasis teoritis. Implementasi imersi menggunakan metode qowaid terjemah, metode langsung, audio lingual-visual, komunikatif, dan metode elektik. Faktor pendukung keberhasilan meliputi motivasi internal mahasiswa, lingkungan belajar yang mendukung, konsistensi dosen, penugasan bahasa Arab dan dukungan kelembagaan. Adapun hambatan yang dihadapi mencakup keterbatasan mufrodat, fasilitas pembelajaran yang belum optimal, kurangnya keterampilan mahasiswa dalam maharah tertentu, dan kurangnya kesiapan perangkat ajar. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi tes dan non tes untuk mengukur ketercapaian mahasiswa. Adapun efektivitas imersi untuk peningkatan kemahiran berbahasa diukur dengan cara wawancara mendalam dan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasilnya strategi imersi efektif meningkatkan kemahiran berbahasa mahasiswa terutama dalam bidang istima` dan kalam. Temuan ini menunjukkan bahwa program imersi memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kompetensi berbahasa Arab mahasiswa kelas internasional prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kata kunci: Imersi Bahasa Arab, Kelas Internasional, Pendidikan Bahasa Arab, Kemahiran Berbahasa, Model CIPP.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. H. Maksudin, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Imersi Bahasa Arab, Kelas Internasional, Pendidikan Bahasa Arab, Kemahiran Berbahasa, Model CIPP. |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 13:29 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 13:29 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73002 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
